Persona

Friday, July 04, 2008

belajar sabar

masih soal stase mata..
aku suka stase sedang.. soalnya ga sibuk.......... n bisa kumpul bareng sekelompok... bergila2 bersama.. sperti yang dibilang dyas tadi, kelompok kita itu gila2 XD
tapi emang bener... ada yang nangis waktu ujian *haha*, yang sering ga masuk tiba2, yang OCD, yang benci anak2, yang logorrhea *ini kata dyas loh*, yang hobinya ngumpulin kasus, yang kalo lagi marah bisa makan orang, n yang suka sms ga penting ke beberapa orang & selalu diakhiri dengan 'bls ya'...................... mau cari sekumpulan kelompok yang begini di mana lagi coba.. haha
tapi pada dasarnya kita kompak kok...
makanya aku pernah bilang, besok kalo udah lulus koass pasti kangen deh ama kelompok ini...

trus....
di stase ini kayanya aku jadi orang yang suka nggak sabaran..........
aku aja kaget kok aku jadi se'galak' ini..
tapinya........
ini stase benar2 melatih kesabaran deh....
*) kasus 1: 'Sakit Mata'
jadi ceritanya, di saat aku sedang disusu2 ama residen baru yang sok sibuk itu untuk memvisus, aku manggil pasien....... n yang dateng keluarganya, dia bilang biasanya bukan di sini n si pasien lagi di refraksi.... trus aku nanya, 'sakitnya apa, bu?'
dia jawab, 'sakit mata'
akunya yang emang lagi emosi karna disusu2 itu & agak gemes juga jadinya, 'ya iya saya tau.... tapi sakitnya gmana? kabur? merah? mau gati kacamata?'
begitulah....
n ga cuma 1 kali, masih beberapa kali lagi kejadian aku tanya 'sakitnya apa?' dan dijawab 'sakit mata...'
duh.. itu sama aja sama kejadian waktu di banyumas, waktu jaga malem di VK kami nanya marlina yang masuk ke ruang jaga, 'pasien baru, mar? pasien apa?' dan marlina dengan polosnya menjawab, 'ibu hamil' ^_________^;;

*) kasus 2 : di kala visus
2 minggu ini kerjaanku cuma visus dan visus, sampe rasanya bosaaan.... dan kalau udah capek jadi nggak sabar...
'ini berapa, pak?'
'4, tapi agak kabur...'
'yang ini?'
'7.. 1... tapi juga kabur..'
'kalo bawahnya?'
'1.. 4.. 1... tapi kaya dobel2...'
'dibaca aja deh, pak... saya tau kabur, tapi asal bisa dibaca ya dibaca aja.......pokoknya dibaca dari atas sampe ke bawah'

*) kasus 3 : di kala koreksi kaca mata
'yang ini jelas nggak, pak?'
'kabur tuh, mbak'
*ngganti ke lensa lebih besar dioptrinya* 'kalau yang ini, pak?'
'ini juga kabur..'
'sama yang tadi jelas mana?'
'kalau yang ini bisa buat baca yang baris kedua tapi agak kabur2'
'jadi, jelas mana ama yang tadi?'
'yang ini'
*ganti lagi ke dioptri lebih besar* 'kalau ini, pak, jelas mana ma yang tadi?'
'ini dibuat mbaca masih blawur blawur tu, mbak...'
*hilang kesabaran* 'Pak, saya cuma nanya, ini sama yang tadi lebih jelas yang mana?'
dan sepertinya waktu aku bilang kaya gtu si victor dan dasta agak kaget...................
sebegitu kasarnyakah aku tadi? >___<
dan bapaknya kemudian amat menurut waktu kutanyai enak mana antara lensa ini dengan sebelumnya....................
hmmm...

*) kasus 4: berapa lama sakit?
'sakitnya sejak kapan, bu?'
'udah lama, mbak'
n aku paling sensi ama jawaban 'sudah lama'
'iya, udah berapa lama?'
'ya sudah lama.....'
'ada 10 tahun?' *ini aku emang biasanya karna sensi jadi langsung bilang 10 tahun! padahal aku tau ga bakal selama itu............*
'oh... ya nggak ada, mbak...'
'ya makanya saya tanya, udah berapa lama? 1 tahun? 2 tahun?'
barulah si pasien mencoba mengingat2 berapa lama dia sakit...
mbok ya kalo njawab mikir dulu, bu........................... ><

*) kasus 4: cerita nggak penting...
waktu ku di poli katarak, datanglah 1 pasien yang aneh bin ajaib...
'keluhannya apa, pak?'
'ini mata saya kabur kalo buat liat... kayanya karna saya sering beli kacamata yang sembarangan ga pake resep...'
'oh.. kaburnya sejak kapan? mata yang mana?'
'ya itu dia, waktu SD tuh saya pernah diperiksa katanya ada yang rusak.. mugkin gara2 jatuh atau terbentur'
*busyet, ini pasien katarak apa retina yah........ dia dateng kapan, traumanya kapan....*
tapi masih kuladenin, 'oh gtu... itu jatuh dari mana, pak? habis jatuh itu langsung jadi nggak jelas waktu liat?'
'ya nggak tau... wong saya cuma diperiksa, trus dikasih tau kaya gtu...'
'lho, bapaknya jatuh beneran apa nggak?'
'nggak tau'
O___o
karna aku liat itu lensa matanya udah jelas2 katarak, jadi aku lanjutin anamneses soal katarak....
'matanya suka silau nggak, pak?'
'iya'
'kaburnya makin lama makin parah atau tiba2 langsung kabur?'
'ya itu dia, mungkin karna kacamatanya nggak cocok itu, mbak.............. saya suka beli di kereta api itu lho.......'
'memangnya bapak kacamatanya minus apa plus apa kacamata baca?'
'wah saya juga nggak tau'
'lah, maksud saya, itu kacamata dipakai untuk lihat jauh apa dekat kaya buat baca gtu?'
'nggak tau lho...'
*speechles*
'ya sudah deh, pak.. tunggu dulu, nanti dipanggil lagi'

tuh kan..........
aku jadi super ga sabar.............
kenapa yah..................
padahal biasanya, pasien bangsal kalo ngajak ngobrol apa juga aku layanin...
musti belajar sabar lagi nih... jangan sampe dibilang dokter galak ><

musti belajar buat refleksi besok nih...
minggu malem jaga eui... semoga menyenangkan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home