Persona

Wednesday, November 19, 2008

marah marah

today was one of the worst day i've ever had...

hariku dimulai dengan operasi di OK UGD, tepat jam 12 malam & jam tengah 2 baru kelar.... trus aku tidur di sebelah darlina yang udah terpulas & ga menghiraukan adanya operasi... di sofa ugd itu, dengan kaki tertekuk... bangun2 kaki kiriku ga isa gerak & sakiiiiiiit banget... rasanya aku tau rasa ini, walau ga pengen bernostalgia.. ini sakit & gejalanya kejang otot!!! mati deh! setelah kaki kananku sembuh, sekarang yang kiri???????? moga2 ga berlanjut ampe separah dulu....
jam 5 aku udah nyampe rumah.. trus mandi & tidur lagi sebentar, br brangkat ke parade..
eeeh pasien yang dibahas tnyata pasien yang buat latihan kelompokku duluan... aku ditanyain chief, mau pake apa.. kujelasin lah midazolam 2,5 mg, fentanyl 50 mikro, dsb.. n ditanya2in soal cara masukin propofol, untung aku ngerti dikit2 n ada hari yang membantu... trus chief: 'siapa yang intubasi?'
*siiiiiiing*
mbak nana belum datang!!!!!!
dalam hati aku udah cuma ada 1 kata: MATI!!!
bisa ga dapet lagi nih...
trus sang chief suruh kami menghubungi dia, batas ampe 7.15 harus dah dtg..
begtu aku mau buka hp buat sms dia, tnyata dah da 1 sms.. mbak nana sesek, ga isa dateng..........................................
aku ma darlina cuma bisa trima nasib.................
abis itu chiefnya nanya lagi sih... kubilang 'ternyata sakit, dok.. asma...'
para residen udah, 'woooooo...........' (walo ga keras2 amat)
chiefnya trus nawarin aku aja yang intubasi, hari udah dukung2 suruh aku bilang iya... aku trus bilang iya.. tapi mungkin karna dia liat tampang bingungku, chiefnya bilang 'gimana? kayanya belum siap ya intubasi? ga jadi aja deh kalo gtu ya?'
then it is.......
berati ga jadi kan intinya????

jam 8 kami disuruh ke OK, keluar duluan dr ruang parade.. tapi dr ngurah ngomong ga berenti2, kita jadi ga berani pergi.. begtu selese, kita langsung cabut (walau darlina tampak enggan, tapi kupaksa)
nyampe di OK:
'kok baru datang jam segini? katanya latihan?"
"lho... katanya ga jadi, dok?"
"ooh, yang asma itu?"
"iya"
"ya udah, liat aja ya kalo gtu"

aku udah rasanya pengen marah, pengen triak, pengen nangis.........
semua orang kok pengen jalan sesuai keinginan dan pemikirannya sendiri sih???
aku heran seheran2nya
karna aku dididik untuk melihat kepentingan orang lain, untuk ga melanggar kepentingan orang lain....
sesakit2nya aku, kalo aku ditunggu orang lain yang butuh aku, aku bakal dateng.... ga ketang di sana nanti nyusahin mereka juga dengan minta tolong jagain aku..
kalo aku terpaksa ga masuk, aku bakal mikirin hari itu aku mesti ngapain, ada tugas apa aja... kalo ada tugas jaga, aku bakal mati2an nyari orang untuk gantiin aku... atau minta tolong dicariin....
itu yang aku sebeeel!!!!
trus.. penyakitnya kan asma.. sering banget kambuh... paling nggak, cobalah untuk mengontrol... pake controller kek, pas serangan make yang lebih kuat kek... lha ini serangan kapan, ke dokternya kapan.... mana bisa...

aku berkali2 bilang,
aku ga peduli orang mau males2an, mau bolos, mau ngapain aja,
asal jangan ngerugiin aku...........
plis dong,
aku selalu mikirin kalian,
kalian jangan ga mikirin aku.....
egois emang...... aku tau... tapi beneran........... rasanya pengeeen banget, orang juga kaya gtu ke aku.... karna aku ga bisa nggak kaya gtu ke orang..... *ribet banget jelasinnya*

ini janji mau kirim file preskes lewat email, jam sgini belum dikirim2...
trus aku mesti ngebaca jam brapa? jam 2 pagi?

aku tau tiap orang punya keterbatasan...
tapi kalo berjuang n berusaha, keterbatasan itu pasti bisa diatasin.... beneran....

besok kalo kami cuma berdua lagi, terpaksa maju berdua doang... which is a bit difficult since it'll be the first time & kita harus lakuin semuanya dari awal ampe pasiennya di ruang recovery................

sebenernya aku kepengen nanya
kenapa sih kita diajarin kerjaan dokter anestesi???!!!!
bukannya itu bukan kompetensi kita??
atau mereka berharap dokter umum bisa membius di pulau2 di mana ga ada ahli anestesi? bukan malpraktekkah kalo gtu??

trus 1 lagi yang bener2 bikin marah
adik mingguku, yang berinisial S, nanya 'lho tadi ga jadi latihan?'
aku cuma jawab, 'ooh, belum'
"kenapa?"
sebelum kujawab, temannya yang berinisial I bilang : "kan karena telat... tadi dokterya bilang...."
aku langsung jawab, 'bukan kok! karena mbak nana ga masuk...'
I : 'oooh, tadi dokternya bilang tuh, ga jadi latihan karna terlambat.. ga nyiapin apa2 dateng2 langsung mau ET'
aku *dengan hati yang semakin panas tapi masih tahan* : 'itu kelompoknya dasta.. mereka kemaren juga ama dokter itu n ketinggalan persiapan alatnya'
I *dengan tampang paling nyebelin yang pernah aku liat* : 'pokoknya tadi dokternya bilang kaya gtu' *sambil pergi ke arah luar UGD*
aku trus udah ga ada niat membalas....
n terdengar suara di sampingku 'bullshit!'
kutenangkan darlina 'udah, darlina... biarin aja...'
trus kami lanjut diskusi...
tapiiiii.... begtu teringat tampangnya si I itu, aku langsung, 'aku juga jadi kepengen marah!!!!!'
apa2an sih dia???!! Kamu kan juga ikut laporan parade! kamu ga punya kuping????? chief udah bilang ga jadi, kamu ga denger???? Makanya punya kuping jangan cuma buat ditutupin!!! emangnya cuma ketutupan kain setipis itu jadi ga kedengeran yah? trus, ga usah pasang tampang kaya gtu deh... ga usah kaya gtu aja ga cantik kok... gaya banget.. emangnya kamu siapa? kamu di sini baru brapa hari? masuk OK baru brapa hari? f**k banget!!
liat aja besok, aku ga akan pernah lagi jawab pertanyaan mereka.................

ah, sudahlah... emailnya belum ada..........
aku tidur aja..
pasrah...

bangun jam 2 deh.............


anyway.. satu2nya kabar baik: JAGA TERAKHIRKU UDAH KELAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
selama koas tentunya....
ga ada lagi jaga2 n nginap2 di RS pas koass.........
muhahahaha

0 Comments:

Post a Comment

<< Home