Persona

Thursday, April 17, 2008

I Totally HATE Surgery Department!!!!!!!

dari kemaren miki2 mau nulis ini nggak...
Tapi udah ga isa ditahan lagi!!
I can't stand it anymore!!!!!!!!!

Alasan pertama kenapa aku bener2 ga suka & ga betah di bedah tuh karena Tugas kami nggak jelas! mingggu pertama, dikasih tau dateng jam 7... ok kami dateng jam 7. tapi?? habis itu cuma melongo, ngrumpi, ngobrol ga jelas nungguin orang yg ga jelas juga...
minggu kedua dst, dateng jam 6, ikut visite tanpa harus follow up dulu, tanpa tau siapa yg mau divisite, dengan segitu banyak orang yang memvisit, n tanpa dijelasin apa2 sewaktu visit... emangnya kita penonton? emangnya pasien itu tontonan?
Ikut operasi tapi tugas kami lagi2 cuma menonton.. kalo itu aja aku ga masalah.. tapi ternyata ada tugas lain... Angkatin HP residen yang bunyi, tempelin ke kupignya, pegangin terus ampe selesai...ck ck ck...

Alasan kedua,
this doctor insulted me for being not sensitive~
tau masalahnya apa?
waktu visite ke Burn Unit, dia ngebersihin luka pasien.. n setelah itu dia ke depanku, balik badan.... mana aku tau dia mau ngapain... n terus dia langsung, "Bukain baju bersihnya dong! ga sensitif kamu!" akunya juga cuma, "Ya maaf, dok.. mana saya tau dokter mau apa"
dan kupikir dengan begitu masalah akan selesai dengan baik...
tapi dianya malah, "ga sensitif banget sih, kalo di OK itu kalo ada yg balik badan artinya minta dibukain.."
Hallooo?? aku ini baru mulai masuk stase.. belum pernah ke OK! n aku ini Koass! Bukan Pembantu!!!!! Kalo mau cari orang untuk bukain bajumu, cari aja pembantu 1, bawa ke mana2.....
I Don't Mind Helping People, but Please, Respect Me!!!! Jangan mentang2 udah residen maen printah2 aja ya.... Residen laen aja kalo nyuruh pake kata 'tolong' & 'terima kasih'
aku juga bukannya nuntut untuk diterimakasihin. terimakasih itu apa sih..... ga isa dinikmati & ga berwujud... tapi mbok ya ngerti... kita ini dikasih terimakasih aja udah seneng.... kita ini bisa bantu juga seneng.. tapi ga dengan cara kaya gtu..
minta tolong itu yang jelas! apa sih susahnya bilang "Tolong bukain dong, dik". Atau kalo emang segitunya ampe ga isa bilang 'tolong', bilang aja 'Bukain, dik' udah cukup!!! ga usah pake ngatain ga sensitif2 segala.. kurang ajar bener

Yang ketiga,
Ada apa sih sebenernya ama bagian Penyakit dalam??? Punya dendam apa sih kalian ke mereka???
nggak residennya, nggak staffnya, tiap hari bashing Interna. aku muak dengernya
hellooo? are u a doctor? Hormati dong kolegamu! itu kolegamu, itu temen seprofesimu....
apa kalian ngerasa segitu hebatnya ampe ga butuh bagian interna?
this doctor said, "residen interna itu ga da stressornya... makanya juga dikonsulin jawabannya cuma kaya gini..."
aku ga tau yah jawaban konsulan itu kaya apa... tapi kalimat pertama itu loh...
seolah2 yg ada stressor tuh cuma bedah...
kalian ga pernah jadi residen interna... gmana kalian bisa tau di sana ga da stressornya???
n what stressor? staff? karena kalian sering dimarahin gara2 ga isa jawab kalo laporan jaga?
interna itu tiap hari ada laporan jaga.... n semuanya ikut... ini cuma 2 kali seminggu aja keberatan... kalo ga mau dimarahin staff, belajar dong yang bener..
jangan ditanyain trus ga da yang jawab, kaya kemaren.......
n staff ini, suka bikin joke soal interna... ga usahlah dicritain apa joke-nya... bikin gregetan..
n staff lainnya lagi, pas dia nanya, "belum pernah ada yang RT kan?" Aku jawab, "sudah, dok.." "Di mana? pasien apa?" "Di interna.. Anemia.." n dia langsung, "Anemia?? anemia kok di RT"
OMG, aku itu emang udah pernah RT. di UGD, pasiennya 14 tahun, inisial N, trakhir didiagnosa CKD, mondok di bangsal B1. Anemianya karena CKD sih, tapi waktu itu karena baru pertama masuk, n anemianya ampe HB cuma 7, dr Hardin bilang untuk menyingkirkan causa perdarahan saluran cerna, kita harus RT. n dia ajak aku, habis dia RT, aku disuruh nyoba..
waktu dijelasin dr Wilhan juga dia bilang pasien anemia perlu di-RT kalo penyebabnya belum jelas... n waktu ujian ama dr Bambang sigit juga ditanyain hal yg sama................
n sekarang aku diketawain gara2 itu??
WTH!

Aku jadi ngerasa mereka itu kaya suatu kelompok eksklusif yang suka ngebash klompok lain tanpa tahu kenyataannya.... Mirip siapa yah?
that's why i hate it soooo much

Yang keempat,
Jaga bangsal!
Tiap hari yang jaga bangsal itu tergantung stasenya... Aku yg minggu ini bedah plastik, dapet jaga hari Rabu, alias tadi malem..
aku udah dateng jam 3, trus ternyata ga da kerjaan apa2.. cuma nunggu visite sore doank.. yg ternyata jam 4 lebih baru mulai..
n seperti yg dah kuduga, kita juga cuma jadi penonton..............................
pas malem2 ada pasien yg gawat, kita disuruh konsul interna.. *yang dengan senang hati kuterima.. karna pengen liat siapa yg jaga di sana*
but u know what, tulisan di kertas konsulannya itu 'Mohon periksa apakah ada kelainan di bidang tersangkut?' itu diketawain dokternya.... kita ampe malu... dokternya bilang, "wah ini konsul apa mau rawat bersama? kalo tulisannya kaya gini yah brati kita musti priksa dari kepala ampe kaki... jahat bener... ini mah bukan konsul namanya"
pas di sana, kita udah bawa R6nya, ternyata residen bedahnya bilang ke kita, "Dianterin ya, dik.." aku udah mau injek2 itu residen.. yg butuh itu sapa? itu pasienmu bukan? kok ga peduli amat sih!
abis itu aku temenin.. n dokternya terus jelasin ke keluarga kondisinya udah buruk
yah bisa apa.. aku jadinya cuma kluar n duduk di sebelah ruang parade itu ama ika.. tau2 diajak residen ke lantai 4 nulis jadwal operasi..
balik2, puti ngajakin aku infus pasien gawat tadi... aku bilang dengan jujur, "Put, aku ini baru pernah infus pasien 2 kali, n yg berhasil cuma 1" puti bilang, 'gpp... bantuin pegang aja, puti yg tusuk..' maksudku, aku bukannya ga mau nyoba, tapi itu pasien gawat, mbok yg nginfus yang dah pengalaman... tapi trus puti crita, "Tadi itu dokter anestesinya udah nyoba, tapi cuma dipegang2 aja tangannya, n trus dia ninggalin kita, bilang pasiennya dia belum diurus"
trus puti minta tolong perawat, n perawatnya bilang, nanti aja abis pasien lain...
jadi puti mau infus ndiri... soalnya itu pasien dah masuk shock septik, jadi harus didopamin cepet2..
tapi ternyata, giliran aku, meta, n puti nyobain infus, ternyata ga berhasil2.....
n akhirnya...................................................................
aku keseeel banget!!!! ama si perawat, ama residen bedah, ama residen anestesi, n ama diri ndiri cos ga isa apa2
n gilanya lagi, meta bilang denger keluarga pasien bilang, "Tau pasien udah kaya gtu, masih aja dibuat mainan koass"
OMG!!!!!!!!!!!!!! kebayang ga sakitnya kaya apa.... Tolong ya pak, bu, kita ini niatnya nolong..... bukan mainan!!! kalo mau mainan kami ga usah jaga, ga usah dateng, ga usah repot konsul, ga usah repot ambil hasil lab, n ga usah repot kesel ma perawat & residen...

n setelah capek2 itu, jam 8 lebih aku turun ke bawah ma ika & ratri cari makan...si ratri lagi bete2 ma salah 1 residen 'mabok' yang nyuruh kita follow up pasien... katanya nyuruhnya itu ga sopan banget....
n jam 9 kurang 15, meta telpon aku, minta kami cepetan naik soalnya ditanya gimana hasil follow up...
n kita trus dapet cerita, residennya itu dateng, minta hasil follow up.. yah jelaslah baru difolow up 1 kali, jam 8.. wong dia nyuruhnya ke ratri tuh jam setengah 8, katanya follow up tiap 4 jam, tapi ditulisnya per 2 jam di balik kertas itu.... ampe pagi difolow up...
n guess what, dianya ngamuk begitu liat hasil yg kita tulis di balik kertas itu... dia bilang 'ini yang jam 4 mana? jam 6 mana? kalan ini disuruh kaya gtu aja ga bisa... tinggal nulis aja apa susahnya sih? udah dikasih enak, yg harusnya per 2 jam jadi boleh 4 jam...'
yup... itu omongan residen!!!!!!!!!
ngajarin koass memanipulasi data!!!!
klo gtu, napa ga dokter aja yg nulis? apa susahnya nulis? kita balikin bisa kan............
n dia mulai marah lagi, "mana ini yang lain? kok cuma segini?" (waktu itu cuma ada 7 orang di sana)
dijawab salah1 dari kami, "Ada yang kluar makan, dok... ada yang ke UPA, follow up pasien yg dititipin tadi"
"kok baru skarang? dr jam 6 tadi makan terus.. ke UPA juga kok lama banget?!"
"Tadi itu mereka ngurus pasien plus di B2 itu, dok"
"apa pasien plus? omong kosong! mana ada yang plus!"
*siiiiiing.................* diam.....
"Sudah, kalian ga usah tidur aja sampe pagi.. dikasih tugas ga beres!" *pergi*

begitulah ceritanya..... n aku yg rencananya mau pulang ga jadi deh.................
terpaksa nginap ber12 di kamar itu, n aku dapet yg di atas, panas banget ampe keringetan smua...

Kelima,
Sistem pembelajarannya. Sama skali ga efektif....
menurutku boleh2 aja dibagi per stase.. tapi.. kita dapet apa???
3 hari di bedah plastik ini yg aku pelajari cuma fraktur mandibula... n itu suatu topik yang aku sama skali ga tertarik..... aku lebih tertarik ke luka bakar or palatoschisis... tapi karna undian, aku harus bikin refleksi itu...
aku lebih suka sistem interna... kita ada minggu jaga bangsal, jaga poli, jagum.. atau kalo ga mau dibandingin ama interna, sebut aja DV... itu juga ok
kalo kaya gini bener2 ga jelas.......... kita ga da tanggung jawab sama sekali ke pasien.. karena kita ga megang pasien... kita ga da kesempatan belajar dari pasien...
kita cuma jadi PEMBANTU UMUM!
trus apa gunanya koass???




Trus..............
Gmana aku harus jalanin 8 minggu sisa ini???????????????????????????????
Aku udah bener2 BENCI!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Aku ngomong kaya gini bukannya pengen jadi front pembela Interna....... (sudah cukup tugasku sebagai front pembela DSP saja)
tapi cuma karena udah saking ga tahannya aja sebagai koass bedah...
dari kemaren aku mikir2 mau nulis nggak.... bikin malu sardjito aja kan..
padahal aku bagian dr rumah sakit ini juga...
tapi dah ga tahan.. mau dituntut, tuntutlah.. aku cuma bicara fakta.. kalo ga mau ketauan kejelekanmu, jangan lakuin

Buat dr inisial ADL itu.... tolong dong, dok, jadi dokter yang bener... Anda mau jadi dokter toh bakal berhadapan ama pasien.. kalo suka manipulasi kaya gtu, sapa yang mau percaya. Kalo suka nyalahin orang seenaknya kaya gtu, siapa yang bersedia Anda operasi? kalo gagal tinggal salahin orang lain aja beres kan, dok?
Shame on u

0 Comments:

Post a Comment

<< Home