Persona

Monday, January 26, 2009

kenapa mesti kasihan?

habis iseng2 baca blog2 para koass...........
jadi teringat dian kemaren cerita kalo ada 1 dokter lulusan UNS di RS klepu deket rumahnya itu cerita ke dian, kalau koass UGM itu kasian.... karena ga dapet banyak kompetensi....
aku sih sudah terbiasa mendengar yang kaya gtu, jadi aku blom komen dulu & masih dengerin dian cerita....
katanya lagi, kalo koass2 di tempat sang dokter itu, setiap hari dapet kompetensi macem2...

dan setelah kupikir2...
well, memang sih jadi dokter itu skillnya mesti bagus...
harus bisa bedah minor, bisa bantu partus, n bahkan ada dokter yang bilang seharusnya dokter umum itu bisa operasi kecil & rutin kaya appendictomy, SC & tonsilectomy...

tapi...
aku bahagia jadi koass UGM
karena walaupun kami jarang dapet kompetensi, kami dapet ilmu lebih banyak....
kami sering laporan pagi, yang kalau benar2 diikuti & disimak, banyak lho ilmu yang bisa didapet...
kami ga berpusat pada 1-3 dokter saja, karena ada residen.... walo ada staff pembimbing, kai juga bisa nanya ke dokter2 ahli lainnya yang jumlahnya puluhan..... beda dengan koass yang base-nya di RSUD, mereka setiap hari selama koass hanya berhadapan dengan 1-3 dokter ahli di sana sesuai stasenya...... aku pernah ngalamin koass di wonosari sama anak2 UMY, jadi aku bisa bayangin dikit2 gmana sistem mereka....
trus, kami jga bener2 belajar jadi dokter... bukannya jadi perawat.. memang sih pasang infus, pasang NGT, dll itu kompetensi dokter juga, tapi kalau ada perawat, itu job desknya mereka kan....

well, itu karena aku orientasinya aku ga bakal mau kerja di daerah,
& aku toh mau ambil spesialis yang tindakannya minimal.....
makanya aku senang....

n menurutku, ga ada yang perlu dikasihani dari kami kok....
tapi yah..... ada bagusnya kalau para calon mahasiswa kedokteran juga tau apa yang bakal dihadapinya saat koass.... kalo suka tindakan, yah, boleh2 aja jangan masuk UGM.... carilah yang swasta & koassnya di RS non RSUP.. yang ga ada residennya..
tapi sekali lagi, kalo aku, aku seneng di UGM... ga bayangin deh kalo aku mesti koass di tempat jauh full selama 1 tahun lebih... aku bakal brenti jadi koass ^^;; toh jadi dokter bukan panggilan hidupku...................... untung ada Sardjito.... diitung2, jatah kami di luar kota kayanya kalo dijumlah juga ga ada 6 bulan kan..

*wow, ini pertama kalinya aku bilang aku suka UGM!*

0 Comments:

Post a Comment

<< Home